Dinar dan Dirham

dinar-dirham-imn-jpeg.image_

Dalam Perjanjian Baru terdapat tiga macam uang dari tiga sumber yang berbeda berada di Palestina.  Pertama, koin Romawi yang resmi, yang ditempa menurut patokan Roma; kedua, koin propinsi, di tempa di Antiokhia dan Tirus, umumnya patokan Yunani kuno, dan terutama beredar di antara penduduk Asia Kecil; ketiga, koin Yahudi setempat, barangkali ditempa di Kaisarea.  Beberapa kota dan raja-raja taklukan diberi juga hak menempa koin sendiri dari perunggu.  Dengan demikian banyak ragam koin beredar, dan jelas dibutuhkan penukar-nukar uang di Yerusalem, terutama pada hari-hari raya tatkala orang Yahudi berdatangan  dari semua prnjuru, untuk mrmbayar pajak pribadi bagi perbendaharaan Bait Suci.  Pada kesempatan-kesempatan seperti ini para penukar uang menempatkan meja-meja mereka di pelataran bangsa-bangsa. (Yayasan Komuniksi Bina Kasih, 1999, 515)

Mata Uang Yahudi

Satu-satunya koin Yahudi yang disebut dalam Perjanjian Baru ialah yang perunggu Lepton (peser  yang dimasukkan janda), harganya sama dengan setengah uang Roma quadrans, jadi 1/8 assarion.  Mata uang Yunani  ditempa oleh prokurator dan raja-raja serta untuk daerahnya masing-masing. (Butter,  Trent. C, 1991, 274)

Mata Uang Yunani

Uang mata Yunani adalah koin perak drakhme.  Dan 100 drakhme adalah sama dengan satu mna, atau mina, dan 6.000 drakhme adalah sama dengan satu talenta.  Dalam Perjanjian (Lukas 15:8)  tentang dirham yang hilang, harganya dipaandang  kira-kira sama dengan uang Roma yaitu denarius.  (idem)

Mata Uang Roma

Uang utama Roma adalah denarius, dan 25 denaris adalah sama dengan  satu auras emas, yang beratnya ditentukan  oleh Yulius Kaisar pada tahun 49 sM, yakni 126,3 g.  Walaupun  kemudian karena penurunan nilai  pada   zaman Agustus dan pengganti-penggantinya beratnya turun sampai  115 g pada zaman Negro.

Uang   tembaga as sama dengan ¼ dari uang perunggu oestertius dan 1/16     dari yang perak denarius, yang tercatat dalam Matius 10:29 yaitu harga 2 ekor burung  pipit.  Uang denarius namanya sesuai dengan kenyataan,  bahwa dari permulaan 1 denarius nilainya  menjadi 16 as, tatkala berat as ditentukan menjadi 1 ons.

Kita dapat melihat perbandingan kurs mata uang , walaupun sangat sukar untuk melihatnya karena keadaan ekonomi  yang tidak menentum  dapat kita lihat pada  tabel berikut. (idem)

 

Yahudi

 

 

Yunani

 

Roma

 

Amerika

 

Indonesia

1 Lepton

½  quadrans

1/8 sen

280 sen

1 quadrans

¼  sen

563 sen

1 as

1 sen

225 rp

1 drakhme

1 denarius

16 sen

360 rp

1 stater

4 denarii

64 sen

1.140 rp

25 drakhmai

1 aureus

4 sen

9.000 rp

1 mna

100 denarii

16 sen

36.000 rp

1 talenta

240 aurei

960 sen

2.160.000 rp

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s